Header Ads

#WisudaLDR2020 TERMOTIVASI atau SEDIH?

Hastag #wisudaldr2020 yang dimulai dari seorang pembawa acara Mata Najwa beberapa hari yang lalu ramai dimedia sosial. Hastag yang diusung tersebut bertujuan untuk menyemangati para lulusan angkatan 2020. Ajaibnya, hastag #wisudaldr2020 mendapatkan respon yang sangat banyak hingga mencapai 11.8K postingan yang diikuti oleh sejumlah selebriti hingga para lulusan sebelum angkatan 2020 yang berisikan momen-momen wisuda disertai dengan kata-kata motivasi untuk para lulusan 2020.


Postingan instagram Najwa Shihab

Wisuda merupakan momen kelulusan yang ditunggu-tunggu oleh banyak mahasiswa atas pencapaiannya selama 3-4 tahun. Momen wisuda menjadi momen yang sangat membahagiakan untuk kedua orangtua yang menyaksikan keberhasilan anaknya dalam menempuh studi dan tentunya  membahagiakan bagi para lulusannya juga. Berbeda dengan tahun ini, di tengah pandemic Covid-19, angkatan 2020 yang lulus harus melaksanakan wisuda secara daring atau bahkan tidak melakukannya.

Dampak Psikologis
Bagi sebagian orang yang membaca dan melihat  #wisudaldr2020 mungkin akan termotivasi karena banyak yang mendukung dan menyemangati anak-anak lulusan 2020 dan mungkin juga merasa sebaliknya, yaitu sedih karena tidak bisa memakai atribut kelulusan (toga).

Ya manusiawi jika merasa iri dan sedih mengingat kembali masa-masa sebelum wisuda yang sangat terkenang, yaitu penyusunan tugas akhir atau skripsi yang bisa dikerjakan dalam waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dengan sepenuh hati dan tak jarang menguras air mata dan kantong.

Pada hari kelulusan pun tak dipungkiri ingin merasa cantik dan ganteng menggunakan kebaya/jas yang telah dirancang jauh-jauh hari, menggunakan toga dan sebagainya melihat senyum mengembang diwajah orang tua. Wah harunya… bahagianya saat-saat seperti itu. Ya tapi berbeda dengan angkatan 2020, yang wisudanya secara daring atau ldr, tidak bisa menggunakan toga dan berkumpul bersama teman-teman. Namun melihat isi timeline sosial media orang-orang menggunakan toga? sungguh sedikit menguras air mata..

Mengapa kami berbeda?
Tahun 2020 menjadi tahun di mana baik Indonesia maupun dunia sedang berjuang untuk melawan Covid-19. Dari sector pendidikan dan sector lain pun ikut terdampak akan adanya musibah ini. Di bidang pendidikan tentunya berimbas ke salah satu prosesi kelulusan atau wisuda.

Tak aneh jika saat ini universitas-universitas melakukan wisuda secara daring. Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi salah satu unversitas yang akan melakukan wisuda secara daring asinkron pada 27 Juni 2020 mendatang.

Pelaksanaan wisuda secara daring mungkin dirasa lebih baik dibandingkan meniadakan prosesi wisuda sama sekali. Cuma berbeda vibesnya.

Terlepas itu semua, terimakasih atas niat baiknya untuk mensupport angkatan 2020. Angkatan 2020 yang dicap sebagai angkatan corona telah melakukan perjuangan yang besar di balik ini semua. Selamat, kalian hebat.





No comments