Header Ads

PROMETEHEUS : Program Mengabdi Tahunan Untuk Sesama Baksos Maba FK UII 2019


Bakti sosial mahasiswa baru FK UII 2019 telah diselenggarakan pada 15 Februari – 16 Februari 2019 di Dusun Jigudan, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari alur kaderisasi mahaiswa FK UII 2019. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut mengusung tema “Prometheus” yang memiliki arti Program Mengabdi Tahunan untuk Sesama. Serupa dengan tema yang diusung, kegiatan ini bertujuan untuk mengabdi kepada warga, terutama warga yang kurang mampu

Selama dua hari tersebut, banyak kegiatan yang telah dilaksanakan. Pada hari pertama pasca pembukaan kegiatan, diadakan penyuluhan stunting dan sanitasi. Penyuluhan stunting dilaksanakan di GOR dusun Jigudan dan diikuti oleh warga sekitar. Sedangkan untuk penyuluhan sanitasi dilaksanakan di SDN Jigudan dengan peserta siswa kelas 1 dan 2. Penyuluhan ini berlangsung dengan sangat baik, terbukti dari antusiasme warga serta anak-anak yang begitu tinggi pada kegiatan tersebut. Sore harinya, dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti yang diisi dengan penanaman tanaman obat dan membersihkan lingkungan tempat tinggal warga dusun Jigudan. Selain itu, sebagian mahasiswa ada yang menyelenggarakan kegiatan mengajar di TPA. Acara pada hari pertama  ditutup dengan pentas seni oleh warga dan mahasiswa.

Penyuluhan cuci tangan WHO kepada siswa-siswi kelas 1 dan 2 SDN Jigudan
Kegiatan mengajar di TPA oleh mahasiswa FK UII 2019


Hari kedua dibuka dengan senam pagi lalu dilanjutkan dengan pengobatan gratis. Kegiatan pengobatan gratis nampaknya merupakan kegiatan yang paling ditunggu oleh warga. Hal tersebut terlihat pada antrean yang begitu panjang dari pagi hingga menjelang siang. Meskipun begitu, warga mengaku sangat berterima kasih dengan adanya pengobatan gratis ini. “Berterima kasih sekali, saya itu orang ndak punya, ada bantuan seperti ini Alhamdulillah, bersyukur sekali,” tutur Ibu Rukinah yang merupakan salah satu warga yang mengikuti acara pengobatan gratis

Kegiatan senam pagi yang diikuti oleh warga di  gedung serbaguna


Kepala Dusun Jigudan, Bapak Frianto, juga mengaku sangat terbantu dengan adanya acara bakti sosial ini, terutama pengobatan gratis sebab banyak sekali lansia yang sulit berobat karena letak puskesmas dan rumah sakit yang jauh. Beliau juga menitipkan pesan kepada seluruh panitia acara untuk memperbaiki acara yang serupa agar lebih terkemas dengan baik dan tetap rendah hati, serta menjadi dokter yang baik untuk masa depan.


Meskipun cukup singkat, acara bakti sosial ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi angkatan 2019 agar ke depannya mampu menumbuhkan rasa empati yang lebih dalam kepada warga dan mendewasakan diri ketika menghadapi berbagai situasi dan kondisi. Sebab, dalam acara baksos ini, mahasiswa juga dituntut untuk dapat bekerjasama dengan baik serta memiliki tanggung jawab yang baik pula dalam suatu kegiatan.

Ketua Panitia Baksos Maba FK UII 2019, Azka Pramudya Hartaya menuturkan bahwa acara baksos maba dipersiapkan selama kurang lebih enam bulan lamanya dengan berbagai pertimbangan dan tantangan yang dilalui. Terlepas dari segala kesulitan yang menghampiri, Azka berharap agar acara baksos yang digarapnya bersama teman-teman ini bisa memberi kesan tersendiri bagi masyarakat dan ada perubahan ke arah yang lebih baik di dusun Jigudan.



Penulis : Zavia, Indah, Hilda, Amanda
Dokumentasi : Nida

No comments