Header Ads

BRA PICU KANKER PAYUDARA ? KOK BISA ?






Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker tumbuh di jaringan payudara. Sel kanker tersebut terbentuk saat sel-sel didalam payudara tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali.

Hasil dari Riskesdas (2018) menyebutkan bahwa kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak di alami oleh perempuan yakni 42,1 per 100.000 penduduk dan diikuti dengan kanker leher rahim sebanyak 23,4 per 100.000 penduduk.

Penyebab kanker payudara sendiri belum diketahui, tetapi ada sejumlah faktor yang dapat meningkatkan seseorang untuk terkena kanker,salah satunya ialah riwayat keluarga yang menderita kanker.
Selain itu, berkembang pula dimasyarakat bahwa penggunaan BRA dapat menyebabkan kanker payudara.

Hal ini tentunya menarik perhatian para wanita. Pasalnya Bra merupakan kebutuhan tiap hari bagi para wanita.

Dr. Michael Schacter, M.D dalam artikelnya yang berjudul The Prevention and Complementary Treatment of Breast Cancer menyebutkan bahwa penggunaan BRA dapat menghambat aliran getah bening yang ada disekitar payudara. Akibatnya getah bening yang membawa racun akhirnya terkumpul di area payudara dan dapat menyebabkan terbentuknya kanker payudara.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Sydney Singer & Soma Grismeijer -Penulis Dressed to Kill : The Link between Breast Cancer and Bras- menemukan bahwa mengenakan Bra selama 24 jam sehari meningkatkan risiko 3x lebih besar untuk terkena kanker payudara.


Hasil penelitian penelitian terdahulu menarik perhatian tim dari Universitas Washington untuk melakukan sebuah penelitian dengan cara wawancara terhadap 1,513 wanita denhan kanker payudara dengan menanyakan ukuran dan lingkar bra, usia saat awal mengenakan bra, jenis bra (kawat atau bukan) dan durasi pemakaian tiap harinya.
Hasil dari wawancara tersebut ternyata TIDAK TERBUKTI adanya hubungan antara kanker payudara dengan seluruh variabel tersebut.

Bukan berarti tidak boleh mengenakan bra, tapi untuk menjaga kesehatan payudara dapat dilakukan dengan cara :
1. Tidur tanpa Bra
2. Ukuran yang sesuai
3. Bra sesuai dengan aktifitas

Bra memang sudah jadi kebutuhan tiap hari bagi kaum hawa. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakannya.

No comments