Header Ads

UJI TAHAP BERSAMA (UTB) KEDOKTERAN

Uji Tahap Bersama (UTB) Kedokteran adalah program yang diusulkan oleh AIPKI wilayah IV yang saat ini masih dalam Tahap Uji Coba.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia telah ikut berpartisippssi dalam uji coba Uji Tahap Bersama Kedokteran dengan menggunakan metode computer based test (CBT).

Latar belakang diadakannya UTB ini ialah karena banyaknya angka ketidaklulusan pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilaksanakan diakhir program pendidikan profesi dokter. Tahun 2014-2017, data dari Ristekdikti (2018) jumlah peserta yang belum lulus (re-taker) pada UKMPPD sebanyak 2,494 orang. Kegagalan ini menyebabkan seseorang tersebut tidak bissa jadi dokter.

UTB ini bersifat berjenjang, artinya ilmu yang didapatkan tidak hanya dites saat diakhir program profesi seperti UKMPPD, namun dites saat masih dalam pendidikan preklinik yang bertujuan untuk skrining kualifikasi mahasiswa untuk cocok jadi dokter atau tidak.
Soal yang dibuatpun sesuai dengan tahap ujinya atau sesuai dengan semester yang sedang/telah dilewati.

Perbandingan alur pendidikan FK saat ini vs jika UTB terealisasi


Fuad Khadafianto, salah satu dosen FK UII yang juga menjadi bagian dari tim pelaksanaan UTB Kedokteran berharap agar dalam UTB tersebut seluruh mahasiswa dapat mengerjakan dengan sungguh-sungguh sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal.

Jika UTB terealisasi, maka UTB tahap 1 gagal bisa segera berfikir untuk shifting fakultas karena tidakcocok sekolah di FK. Jika kegagalannya di tahap 2 artinya tidak cocok menjadi klinisi, atau mencari karir yang lain (S2,S3).

Eitss... tenang dulu ini baru rancangan kok. Terealisasinya minimal 4,5,6,7,8,9.... tahun lagii dan tentunya diacc sama pemerintah.


No comments