Header Ads

ISMKI MEMBUMI 2019


Bertepatan pada hari Minggu, 10 November 2019 lalu, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) menjadi tuan rumah dari kegiatan ISMKI Membumi Regio Jogja 2019.  ISMKI Membumi tahun ini mengusung tema Born to Fight, Live to Help with ISMKI yang memiliki arti lahir untuk berjuang menegakkan kesehatan, memberdayakan masyarakat menuju sehat, dan membantu orang lain sebagaimana cita-cita mulia sebagai seorang dokter.
ISMKI Membumi yang diketuai oleh Danan (FK UII 2018) mengatakan bahwa ide tema kegiatan tahun 2019 ini berasal dari sebuah video viral tentang isu maraknya orang ditepuk-tepuk dalam kondisi lemah dan tidak berdaya. Hal tersebut sangat disayangkan karena pengetahuan masyarakat yang masih minim terkait pertolongan pertama sehingga korban tersebut meninggal dunia. ISMKI Membumi mempersembahkan materi Basic Life Support yang mampu memberikan solusi terkait isu viral tersebut oleh dr. Fajar Alfa Saputra (dosen FK UII) dan Ahmad Faiz Huwaidi (UGM) sebagai moderator. Acara dilanjutkan dengan materi Non-Communicable Disease oleh Ahmad Faiz Huwaidi (UGM), pengenalan divisi-divisi ISMKI, dan pelaksanaan Plan of Action (PoA).
PoA tahun ini dilaksanakan tidak jauh dari UII yaitu di RT 03 Dusun Candi Dukuh, Desa Pandanaran dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ke-48 rumah warga oleh seluruh peserta ISMKI Membumi Regio Jogja 2019 yang terdiri dari 100 mahasiswa baru dari berbagai Fakultas Kedokteran di Jogja yaitu dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD).Salah satu peserta dari FK UKDW, Wida mengatakan bahwa ia ingin dapat berinteraksi dan meningkatkan sambung rasa dengan masyarakat. Peserta lain, Mila dan Fajar dari FK UMY mengatakan bahwa meskipun cuaca panas dan sedikit melelahkan, tidak menghalangi niat dan semangat mereka untuk belajar vital sign, GCU dan menerapkan langsung kepada masyarakat. Selain mendapatkan pengalaman baru, tentunya dari kegiatan ini peserta juga mendapatkan teman baru dari berbagai universitas di Jogja. Kegiatan ISMKI Membumi ditutup dengan games keakraban ‘Memaknai’ oleh satu angkatan peserta yang mampu mereka selesaikan dengan baik.


ISMKI Membumi 2019 (minggu, 10/11/19)

No comments