Header Ads

Humerus Update : Save Life, Learn CPR


Minggu, 17 November 2019 lalu Tim Bantuan Medis Mahasiswa Fakultas Kedokteran (TBMM FK ) UII menyelenggarakan Humerus Update di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Sardjito, Kampus Terpadu UII. Humerus Update atau yang disingkat dengan Humdate merupakan kegiatan tahunan TBMM yang telah dilaksanakan selama 2 tahun ini dan tahun ini mengusung tema “Save a Life Learn CPR”. Ide dari tema yang sangat menarik ini berawal dari sebuah video viral seseorang sedang mengalami serangan jantung dan mendapat penanganan dengan cara ditepuk-tepuk. Hal tersebut sangat disayangkan karena penanganan yang salah dapat mengakibatkan hal yang fatal.

Beruntungnya, seseorang dalam video tersebut masih dapat ditolong dan mendapatkan penanganan segera di rumah sakit. Bapak Kunto Aji, seseorang yang berada dalam video tersebut diundang oleh panitia Humdate untuk sharing pengalaman saat sedang mengalami serangan jantung. Beliau menceritakan bahwa saat itu sedang makan dengan keluarga, kemudian mendadak serangan jantung, dan ditepuk-tepuk. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai penanganan gawat darurat yang benar dapat terpecahkan dalam materi yang disampaikan di acara Humdate.  Materi Basic Life Support disampaikan oleh dr. Sri Wulandari, Sp.EM dan dilanjutkan workshop oleh dr. Yusuf Hisyam, Sp.An dengan melakukan simulasi secara langsung dari volunteer.

Humdate mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari peserta yang jauh mencapai target yaitu 153 orang yang terdiri dari beberapa institusi dan kalangan umum. Ketua acara, Yusup Habibulloh berharap bahwa Humdate tahun ini mampu menjadi langkah awal setiap individu dalam menguasai langkah awal penanganan gawat darurat. Diluar negeri, saat ini CPR sudah menjadi kemampuan dasar setiap individu. Selain itu, Yusup mengatakan “Semoga tahun depan Humdate lebih besar lagi, yaitu mencapai ranah Universitas di PESTA UNISI”.


Panitia dan peserta Humdate 2019


Reporter : NL
Dokumentasi : TBMM Humerus

No comments