Header Ads

Portabox : Produk Mahasiswa FK UII yang Telah Memasuki Tahap Validasi di RS UII

Foto Bersama tim Portabox, Direktur RS UII dan Perwakilan PT Bio Farma dalam acara Opening Vaksin Center (25/10/19)
Portabox merupakan kotak pendingin yang diperuntukkan untuk membawa vaksin, darah dan juga sampel penelitian. Portabox merupakan hasil pengembangan cold chain dari startup mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) dengan nama Avimed yang bertujuan  untuk menurunkan biaya tanggungan pemerintah  dalam membiayai program vaksin di Indonesia khususnya dalam pengadaan kotak pendingin untuk menjaga kualitas vaksin.

Startup yang pengembangannya dibimbing oleh dr. Rahma Yuantari, M.Sc, Sp.PK dan dr. Jarir At-Thobari, Ph.D telah dirintis sejak Juni 2017 oleh M. Nur Imansyah, Rozan M.  Irfan dan Annisa Tristifany yang ketiganya merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan 2015 dan juga didukung oleh alumni FK UII 2009 dr. Nuzul Rizki Dermawan.

Portabox juga telah mendapatkan beberapa penghargaan, salah satunya ialah Bronze Prize di ajang Seoul International Invention Fair 2017 di Seoul Korea pada 30 November - 03 Desember 2017. Selain itu, Portabox juga telah dipresentasikan dibeberapa event seperti acara Ristekdikti “Calon  Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT)” Maret 2019 di Jakarta serta Bisinis Insight yang diselenggarakan oleh Lituania pada bulan Mei 2019 di Hotel Hyat Yogyakarta , dan banyak event lainnya yang telah diikuti oleh Portabox.
Penjelasan Produk oleh Tim Portabox kepada Bapal Heru (Regional Manager PT Bio Farma)
Selain dibidang pengembangan inovasi, Avimed juga meminta bimbingan khusus terkait model bisnis nya dibawah pengawasan Hazairin Husnan Rasyid salah seorang pengusaha yang cukup populer dikalangan mahasiswa yang bermukim di daerah Kavling UII.
Portabox yang sedang dalam uji Validasi di Lab. RS UII
Saat ini Portabox telah masuk tahap Uji Validasi sistem pendingin di Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia (RS UII), Bantul, Yogayakarta. Portabox disambut baik oleh pihak RS UII, bahkan dr. Widodo Wirawan M.Ph selaku Direktur RS UII mengatakan bahwa beliau sangat tertarik untuk memakai Portabox di RS UII jika telah dinyatakan lolos uji Validasi dan pihak RS UII terbuka untuk memberikan dukungan kepada karya anak bangsa untuk inovasi-inovasi selanjutnya.
Penjelasan Produk oleh Tim Portabox
Selain itu, Portabox juga di perkenalkan dalam acara Opening Vaksin Center di RS UII pada 25 Oktober 2019 yang di hadiri oleh beberapa tamu undangan salah satunya ialah  perwakilan dari PT. Bio Farma yang merupakan salah satu produsen Vaksin. Menurut Bapak Heru selaku Regional Manager PT Bio Farma mengaku kagum dengan Tim Portabox yang telah membuat inovasi dalam bidang vaksin, “Saya terus terang juga kagum ternyata adik-adik disini kaum milenial ini sudah cukup maju penelitianya” ungkap Bapak Heru saat di temui dalam acara Opening Vaksin Center RS UII.”  Beliau juga menambahkan untuk kedepanya beliau yakin produk ini dapat bersaing karena kebutuhannya yang cukup banyak.


1 comment:

  1. Barakallah.. ikut bangga. Semoga jg ada yg lbh terjangkau harganya...utk pejuang ASI dll

    ReplyDelete