Header Ads

Forum BEM DIY #PENUHIDPRD

massa aksi di depan gedung DPRD
Senin (30/9 2019), para mahasiswa yang tergabung dalam BEM se-DIY berunjuk rasa di depan kantor DPRD Yogyakarta. Terdapat 10 tuntutan yang disuarakan mengenai reformasi yang dikorupsi dan demokrasi yang dibungkam. Koordinator BEM DIY, Muhammad Asfar mengatakan bahwa aksi yang terjadi di DPRD Yogyakarta diikuti oleh kurang lebih 400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta. Namun sangat disayangkan bahwa UGM yang merupakan satu kampus terbesar di Yogyakarta tidak mengikuti konsolidasi serta aksi di DPRD Yogyakarta saat itu.
Perwakilan DPRD DIY membacakan hasil dari tuntutan Mahasiswa
Aksi yang diserukan dengan tagar #PENUHIDPRD ini berlangsung mulai pukul 11.30 hingga 17.00 WIB tersebut dihadiri oleh 3 orang perwakilan DPRD Yogyakarta yang turun secara langsung untuk mendengarkan aspirasi mahasiswa. Pihak DPRD Yogyakarta berjanji akan menyampaikan tuntutan mahasiswa ke Senayan dalam kurun waktu 24 jam. Jika tuntutan tidak diindahkan oleh pemerintah, BEM se- DIY akan melakukan aksi yang lebih besar, ujar Muhammad Asfar.
Perwakilan DPRD DIY membacakan hasil dari tuntutan Mahasiswa
Rektor UII, Fathul Wahid bersama Dekan Fakultas Hukum UII, Abdul Jamil ikut serta  mengawal aksi yang dilakukan mahasiswa se – Yogyakarta, khususnya Mahasiswa UII. Rektor UII, Fathul Wahid menyampaikan bahwa pihak UII bersama dengan Dekan Fakultas Hukum, Abdul Jamil telah membentuk tim yang siap menempuh judicial review dalam menyikapi UU KPK yang bermasalah. Beliau juga berpesan kepada seluruh Mahasiswa Indonesia, khususnya Mahasiwa UII agar lebih peduli dengan masalah bangsa ini dan bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku.Seperti hal nya Gejayan Memanggil, aksi di DPRD Yogyakarta berakhir damai. Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini menyatakan bahwa aksi di Yogyakarta yang tertib serta aman bisa menjadi contoh untuk daerah lain di Indonesia dan berharap tidak ada lagi ruang bagi provokator untuk mengacaukan aksi yang akan berlangsung. Beliau juga menyampaikan bahwa aksi yang damai ini tidak akan terjadi tanpa kerjasama yang baik antara mahasiswa dan aparat.



massa aksi di depan gedung DPRD
Foto bersama Rektor UII,Dekan FH, Mahasiswa UII yang ikut dalam aksi
Rektor UII saat di Wawancarai Media

No comments