Header Ads

World Hepatitis Day


Selasa, 23 Juli 2019 
FIND THE MISSING MILLIONS 
Sekitar 300 juta orang di seluruh dunia mungkin tak sadar mengidap penyakit hepatitis. Melalui World Hepatitis Day yang diperingati setiap tanggal 28 Juli, WHO menyampaikan pesan kepada seluruh orang di dunia To Find the Missing Millions, untuk berani melakukan aksi dan meningkatkan kesadaran terhadap “Missing Millions.” Jika kesadaran dan deteksi dini bisa ditingkatkan, angka harapan hidup masing-masing orang mungkin dapat ditingkatkan. Melalui kebijakan pemerintah yang mungkin bisa diterapkan oleh masyarakat luas. 
Melalui Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 53 tahun 2015, upaya penanggulangan hepatitis, ada 6 poin penting, yaitu promosi kesehatan, perlindungan khusus virus hepatitis, imunisasi, survey, pengendalian, dan penanganan. 
HEPATITIS itu apa, sih, Kak?
Peradangan hati yang bisa berkembang menjadi kanker hati. Penyebabnya bisa berasal dari virus dan zat toksik, seperti alkohol dan obat tertentu. Bentuk penularannya bisa melalui Fecal (=kotoran), Oral (seperti makanan), dan parenteral (suntikan). Jenis hepatitis A masih terbilang ringan daripada jenis lain. 
Sebelumnya, Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia terbanyak setelah India dan Cina. Sebenarnya, apa sih, minimal bisa dilakukan untuk menekan tertularnya virus? Cukup ingat, 
“BUKAN RIVAL,” tapi semua adalah teman, yang penting halal. Belum selesai, ada kepanjangan juga, lho. 
1. BERBAGI
Jika ingin berbagi makanan atau penggunaan alat sebaiknya diingat, berbagi itu juga punya hati, Eits, maksudnya, ingat hati kalau ingin berbagi. 
2. CUCI 
Kuman-kuman di perut, curi semua nutrisi (nyanyi, yuk…)
Hmmm … jangan lupa cuci tangan WHO sebelum dan sesudah beraktivitas. Virus juga bisa nebeng pindah kos juga, nih. 
3. MAKAN 
Makanan yang baik itu, masakan istri sendiri. Eits, maafkan, ya, yang masih jomblo. 
Apalagi makanan di pinggir jalan, gak mungkin pada pake mikroskop, kan, cuman buat makan?
Melalui makanan dan udara, virus dapat tersebar secara cepat. Setidaknya berusaha mengurangi itu lebih baik, dan jangan lupa berdoa.   
Jangan lupa gizi seimbang, juga, ya. 
4. RIWAYAT 
Manusia itu ditakdirkan untuk bisa menjaga rahasia. Apalagi hal yang buruk dan memalukan, selagi hal itu juga tidak merugikan orang lain. Seperti yang disebutkan dalam hadis, “Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)
5. VAKSIN
Poin yang paling penting adalah vaksinasi. Vaksin diberikan kepada orang yang mungkin berisiko tertular penyakit ini, seperti anak-anak dan ibu hamil. Tentu saja, semua diperlukan anjuran dokter terlebih dahulu. 

Semoga bermanfaat, sebagai penutup dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)
Terima Kasih. 

SUMBER: 
Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Indonesia RI. ISSN 2442-7649
www.worldhepatitisalliance.org/world-hepatitis-day-2019
www.inspiradata.com/keutamaan-menutupi-aib-orang-lain/
www.hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/7-cara-mencegah-hepatitis/
www.muslim.or.id/6409-sampaikan-ilmu-dariku-walau-satu-ayat.html
SUMBER GAMBAR:
Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Indonesia RI. ISSN 2442-7649

No comments