Header Ads

Pekan Jurnalistik Nasional 2019







Pekan Jurnalistik Nasional merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh BPN-ISMKI. Pada tahun ini, LPM CARDIOS FK UII yang merupakan salah satu anggota BPN-ISMKI telah diberikan amanahsebagai tuan rumah Pekan Jurnalistik Nasional pada hari Jum’at, 12 Juli 2019 hingga hari Minggu, 14 Juli 2019 lalu. 
Pekan Jurnalistik Nasional 2019 resmi dibuka pada Jum’at malam dalam acara opening ceremonydi Savita Inn Hotel, Yogyakarta. Opening ceremonyini dihadiri oleh para delegasi dari Universitas Brawijaya, Universitas Lampung, Universitas Sebelas Maret, Universitas Batam, Universitas Soedirman, dan Universitas Sriwijaya. Selain itu, beberapa tamu undangan lain pun ikut hadir dalam opening ceremony. Dalam acara ini, beberapa sambutan diberikan oleh ketua panitia Pekan Jurnalistik Nasional 2019, ketua DPM FK UII, ketua LPM CARDIOS FK UII, perwakilan ISMKI, dan perwakilan dekanat FK UII. Pihak dekanatyang diwakili oleh dr. Zainuri Sabta Nugraha, M.Sc. turut membuka Pekan Jurnalistik Nasional 2019 malam itu. Opening ceremonyditutup dengan persembahan lagu dari tim paduan suara FK UII, NADA MEDIKA.



Opening ceremonyberakhir sekitar pukul 20.15 WIB. Acara dilanjutkan dengan rapat koordinasi nasional yang dipimpin oleh pihak BPN-ISMKI. Adapun tujuan dari rapat ini yaitu mengevaluasi kinerja BPN-ISMKI selama satu tahun terakhir. 

Pemilihan calon direktur utama BPN-ISMKI periode berikutnya mengawali kegiatan pada hari kedua Pekan Jurnalistik Nasional 2019. Setelah itu, dilakukan evaluasi kinerja Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Kedokteran dari seluruh Indonesia. Ba’da dhuhur, para delegasi mengikuti pelatihan desain yang dibawakan oleh Lathifah Kurniawati. Dalam pelatihan ini dijelaskan teknik dalam desain, mulai dari pemilihan warna hingga layout. Tidak hanya teori, para delegasi pun menerapkan materi secara langsung dengan bahan yang sudah disediakan dan disesuaikan dengan editing softwareyang dimiliki masing-masing delegasi. 


Pelatihan yang kedua yaitu pelatihan fotografi yang disampaikan oleh Budi Prast. Beliau merupakan fotografer ternama di Yogyakarta. Materi yang dibawakan meliputi fotografi jurnalistik, jenis-jenis foto, dan persiapan dalam mengambil foto. Seperti pelatihan sebelumnya, para delegasi juga menerapkan ilmu yang telah didapat dengan mengambil foto di sekitar Savita Inn Hotel, Yogyakarta.

Kegiatan pada Sabtu malam diisi oleh Bapak Eko Prasetyo mengenai pelatihan penulisan berita. Beliau merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) yang menggeluti dunia karya tulis. Buku dan komik karangannya pun sudah tidak perlu ditanyakan lagi kepopulerannya. Materi yang disampaikannya malam itu mencakup wawasan tentang bagaimana cara dan kiat-kiat dalam membuat dan menyajikan sebuah berita yang baik. Setelah itu, para delegasi pun menerapkannya dengan membuat sebuah opini singkat.


Hari demi hari pun telah dilalui hingga sampai di penghujung acara. Minggu, 14 Juli 2019, Pekan Jurnalistik Nasional 2019 pun telah selesai yang ditutup dengan closing ceremony dan farewell.Dalam acara farewell ini, games dan hiburan pun berlangsung dari pagi hingga pelepasan delegasi. Tak hanya itu,MEDICTUNES atau band FK UII mempersembahkan beberapa lagu sebagai penutup Pekan Jurnalistik Nasional 2019.



CB & FR

No comments