Header Ads

Grand Opening Exercise Medicine Center UII

Sambutan Rektor UII Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D pada saat Grand Opening Exercise Medicine Center (foto oleh:dr. Alfan)
Beraktifitas fisik agar sehat dan bugar merupakan konsep yang di buat oleh kementrian kesehatan  Republik Indonesia oleh Direktorat Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga pada tahun 2011, Universitas Islam Indonesisia (UII) pada Hari Jumat (18/05/2018) telah meresminkan Exercise Medicine Center     (EMC) yang merupakan pusat pengelolaan kebugaran berbasis medis.
(foto oleh:dr. Alfan)


Peresmian EMC ini di lakukan oleh Rektor UII, Dekan, Wakil Dekan, Tim EMC, wartawan, dan juga Rumah Sakit, Puskesmas jaringan FK UII.

EMC yang bertempat di Bookstore UII ini di harapkan dapat menjadi tempat untuk semua kalangan agar yang sehat menjadi tetap sehat dan yang sakit bisa memperbaiki dari kebugarannya, dengan konsep yang berbeda dengan tempat fitness pada umunya.

“Konsep dari EMC ini dimana orang datang akan dilakukan screening dokter terlebih dahulu lalu akan di berikan resep olahraga dan nantinya akan di damping langsung oleh dokter maupun sport therapist maupun mandiri tergantung pada keluhan atau faktor resiko yang ada, selain itu juga ada fasilitas konsultasi gizi,  pendampingan untuk atlet, penanganan cedera, senam dan juga yoga  ”, Ujar Dokter Alfan Selaku Direktur Unit EMC

(foto oleh:dr. Alfan)
Untuk sosialisasi dari mulai pengoprasianya nantinya akan menggunakan  media online dan juga akan di sosialisasikan ke fakultas masing-masing dan juga selebaran

“Untuk penggunaannya sendiri akan bisa di gunakan mulai hari senin 21 Mei 2018 dan akan dilakukan sosiaslisai melalui media online maupun langsung ke fakultas-fakultas di UII. Penggunaanya  pukul 15.00-18.00 selama bulan puasa dan di harapkan setelah lebaran bisa buka dari jam 13.00-20.00 dari hari Senin- Sabtu, diharapkan pada jam ini mahasiswa dan dosen bisa memakai fasilitas di EMC dengan baik di waktu senggangnya,” tambahnya.


EMC (dokumentasi Cardios)
Pengelolaan dari EMC ini dikelola oleh Fakultas Kedokteran dengan dukungan dari pihak Universitas juga dan untuk tim EMC sudah di berikan pelatihan khusus, selain ada 2 dokter juga ada 2 nutrisionis dan sport therapist yang dan harapkan sport therapist ini juga bisa mengerjakan sport massage, rehabilitasi ataupun memandu jalanya olahraga


Di harapkan jika perkembangan kedepannya baik, maka akan ada penambahan alat dan juga tim dari ECM.

Penulis : DH

No comments